HOME > AGATHA PAINT > CAT KAPAL

CAT KAPAL

 
PENGECATAN KAPAL, PROSES DAN URUTANNYA.
 
Cat kapal adalah sebuah material cairan yang dinamakan cat yang mempunyai formulasi khusus yang diaplikasikan untuk mengecat sebuah kapal, baik kapal yang terbuat dari besi atau kapal besi, maupun kapal yang terbuat dari kayu atau kapal kayu. Cat kapal terdiri dari cat kapal besi dan cat kapal kayu atau cat perahu.
 
Pengecatan kapal besi menggunakan agatha paint cat kapal secara garis besar terdiri dari :
Bagian under water / bottom / bawah air :
yaitu bagian kapal yang terendam air laut secara terus menerus, sehingga perlu penanganan dan perhatian secara khusus dan serius. Pada bagian ini perlu dicat secara 3 lapisan diantaranya :
1. Primer bottom/anti korosi/cat AC
2. Cat Intermediate
3. Cat anti fouling.
 
Bottop/bottom top/Sisi Kapal :
yaitu bagian kapal yang berada disamping sebelah atas bootom atau biasa disebut sebagai sisi luar kapal. Bagian ini umumnya disebut Bottop sehingga Cat kapal yang dipergunakan adalah :
1. Primer bottom/cat anti korosi/cat AC
2. Cat Intermediate
3. Cat bootoping
 
Top side/Bagian atas :
yaitu bagian kapal yang berada diatas kapal biasa disebut sebagai top side kapal. Bagian ini umumnya disebut top side sehingga cat kapal yang dipergunakan adalah :
1. Primer marine
2. Top side coating
 
Deck side / Lantai Deck :
yaitu bagian kapal yang berada diatas kapal di bagian geladak/lantai kapal yang biasanya biasa disebut sebagai deck side kapal. Sehingga cat kapal yang dipergunakan adalah :
 
1. Primer marine
2. Deck coating / deck paint / cat lantai kapal
 
Ruang Mesin/Engine room :
yaitu bagian kapal yang berada didalam kamar mesin didalam kapal di bagian ini biasanya biasa menggunakan cat kapal yang tahan terhadap minyak dan panas mesin, diantaranya adalah :
1. Primer marine
2. Engine room coating
 
Rantai dan Jangkar/Anchor and chain :
yaitu bagian kapal atau aksesories kapal yang satu ini disebut sebagai rantai dan jangkar kapal. Dianjurkan menggunakan cat kapal yang berwarna hitam tahan korosi yang mengandung bituminous. diantaranya adalah :
1. Primer marine
2. Bituminous paint
 
itulah cat kapal besi yang tergambar secara global.
============================
Pengecatan pada kapal kayu, terdiri dari :
 
Under water / bottom :
yaitu bagian kapal yang berada pada bagian yang terendam air laut secara terus menerus, sehingga perlu penanganan dan perhatian secara khusus dan serius. Pada bagian ini perlu dicat secara 3 lapisan diantaranya :
1. Primer bottom/anti korosi/cat AC
2. Cat Intermediate
3. Cat anti fouling.
 
Top side/Bagian Atas:
yaitu bagian kapal yang berada diatas kapal biasa disebut sebagai top side kapal. Karena kapal kayu semua material terbuat dari kayu sehingga cat kapal kayu tidak lebih detail dari pada kapal besi. Bagian ini umumnya disebut top side sehingga cat kapal kayu yang dipergunakan adalah :
1. Primer marine
2. Top side coating